Pengertian Poker Hand

Pengertian Poker Hand

Pengertian Poker Hand

Pengertian poker hand (kartu tangan) kombinasi dimana para player membangun pada kartu tangan dari 5 kartu sesuai dengan aturan yang telah diterapkan standar poker internasional, yang bervariasi sesuai dengan varian poker yang sedang dimainkan. Pokerhand memakai sistem ranking yang standar disemua varian poker, pemain dengan peringkat tangan tertinggi adalah pemenangnya sesuai dengan ketentuan dalam sebagian besar varian poker. Dalam beberapa varian, peringkat tangan terendah bisa menang atau tie. Peringkat poker hand ini juga dipakai dalam beberapa permainan kartu lain-nya, seperti dalam poker dice. Bagi kalian yang kurang paham apa yang dimaksud poker hand maka simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Peraturan Umum
Peraturan berikut terpakai untuk semua peringkat poker hand dalam permainan poker. Berdasarkan aturan yang asli terdapat 10 peringkat kombinasi yang berbeda. Kartu-kartu individu terdiri dari terendah 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, J, Q, K dan As tertinggi. As dapat muncul sebagai yang terendah seperti, memiliki nilai – 1 ketika menjadi bagian dari straight atau-pun straight flush 5, 4, 3, 2, As. Dalam varian poker As to five dan As to six lowball, As hanya dimainkan sebagai kartu dengan nilai paling rendah, dan As hanya dimainkan sebagai kartu yang mempunyai nilai tertinggi dalam deuce to seven lowball. Nilai kartu individu dipakai untuk menentukan peringkat poker hand yang berada dalam kategori peringkat yang sama.

Poker hand selalu terdiri dari 5 kartu. Dalam permainan dimana lebih dari 5 kartu yang tersedia untuk masing masing player, kombinasi 5 kartu terbaik dari kartu kartu yang harus dimainkan. Setiap kartu tidak termasuk dalam poker hand tidak mempengaruhi peringkat-nya. Suit dari kartu dipakai untuk menentukan apakah poker hand membentuk flush atau-pun straight flush. Dalam kebanyakan varian-nya, suit kartu tidak mempunyai nilai yang terkait, dan tidak berpengaruh dalam menentukan peringkat poker hand. Poker hand kombinasi terendah yang memenuhi syarat dalam kategori tertentu mengalahkan semua poker hand dalam semua kategori di bawah-nya. Jika ada beberapa poker hand dengan nilai yang sama di showdown sebab tidak ada kicker atau kicker mempunyai nilai yang sama, jadi chip dalam pot dibagi antara player yang menang. Jika jumlah chip yang dibagikan menciptakan fraksi, sisa chip yang tidak bisa terbagi, player dengan poker hand pertama searah jarum jam dari tanda dealer mendapatkan sisa chip tersebut.

Kombinasi Poker Hand

  1. Royal Flush : Kombinasi 5 kartu yang berurutan dan semua memiliki gambar yang sama.
  2. Straight Flush : Kombinasi 5 kartu yang angka-nya berurutan dan mempunyai gambar yang sama.
  3. Four of a Kind : Kombinasi 4 kartu dengan angka yang sama dengan 1 kartu acak.
  4. Polo (fullhouse) : Kombinasi 3 kartu dengan angka yang sama dan 2 kartu dengan angka yang sama.
  5. Flush : Kombinasi 5 kartu dengan gambar yang sama namun angka-nya tidak harus berurutan.
  6. Straight : Kombinasi 5 kartu dengan angka yang berurutan, namun gambar-nya tidak harus sama.
  7. Three of aKind : Kombinasi 3 kartu dengan angka yang sama dengan 2 kartu acak.
  8. 2 Pair : Kombinasi 2 pasang kartu yang memiliki angka yang sama, ditambah 1 kartu acak.
  9. Pair : Kombinasi sepasang kartu dengan angka yang sama dan 3 kartu acak.
  10. High Card : Kombinasi 5 kartu yang sama sekali tidak menjadi barang, Jadi hanya mengandalkan nilai kartu tertinggi saja.

 

Kurang lebih itulah pengertian Poker Hand dan ada baiknya kalian pelajari dan hafal terlebih dahulu nilai-nilai kombinasi kartu poker tersebut agar selanjutnya kalian lebih mudah saat bermain.